Selasa, 11 Juni 2013

materi IPA SD

Mengenal Hewan dan Tumbuhan

1. Bagian-bagian tubuh hewan.
  • Kucing mempunyai kepala, leher, badan, ekor,  kaki, mata, telinga, hidung, kumis,dan tubuh kucing diselimuti oleh rambut-rambut halus.
  • Bagian-bagian tubuh burung adalah kepala, badan, leher,ekor, kaki , burung mempunyai sayap, paruh,  mata, dan tubuh burung diselimuti oleh bulu.
  • Bagian-bagian tubuh ayam yaitu kepala, leher, badan, sayap, ekor, paruh, jengger, mata,  kaki, kubuh, dan ayam diselimuti bulu .
  • Bagian-bagian tubuh ikan yaitu kepala, badan, ekor, insang, sirip, tubuh ikan terasa licin saat kita
    pegang karena tubuhnya diselimuti oleh sisik dan berlendir.
2. Kegunaan Bagian Tubuh Hewan.
a. Kucing menggunakan telinganya untuk mendengar. Hidung kucing untuk bernapas, mulutnya untuk makan.
Kaki kucing untuk berjalan, berlari, dan melompat. Pada ujung kaki kucing terdapat cakar. Cakar berguna untuk memakan mangsa.  Rambut melindungi tubuh kucing dari panas dan dingin.
b. Ayam dan Burung
Paruh ayam dan burung digunakan untuk mematuk makanan.Pada burung, sayap digunakan untuk terbang.berguna sebagai kemudi saat terbang. Kaki burung untuk bertengger di pohon. Burung diciptakan khusus untuk bisa terbang. Ayam tidak dapat terbang seperti burung. Kaki ayam untuk berjalan di tanah. Sayap dan ekornya untuk menjaga keseimbangan saat berjalan. Ayam dan burung menggunakan mata untuk melihat. Tubuh mereka dilindungi oleh bulu. Bulu juga membantu burung untuk terbang.
c. Ikan
Ikan hidup di dalam air. Siripnya digunakan untuk berenang. Ada sirip punggung, perut, dada dan ekor. Ikan bernapas dengan insang. Insang ikan terlindungi oleh tutup insang. Ikan menggunakan matanya untuk melihat.Tubuh ikan diselimuti sisik dan lendir. Sisik berfungsi melindungi
tubuh ikan. Lendir mempermudah ikan untuk berenang.

1 komentar: