Menaksir Hasil Pengerjaan Hitung Dua Bilangan
1.MenaksirHasilPenjumlahandanPengurangan
Menaksir
hasil penjumlahan atau pengurangan dua bilangan berarti memperkirakan
hasil penjumlahan atau pengurangan dari kedua bilangan tersebut.
Caranya dengan membulatkan kedua bilangan kemudian hasil pembulatan
tersebut dijumlahkan atau dikurangkan. Perhatikan contoh berikut.
a. Tentukan taksiran ke puluhan terdekat dari 53 + 79
Langkah
pertama, bulatkan setiap bilangan ke puluhan terdekat. Caranya
sebagai berikut. Perhatikan angka satuannya. Jika satuannya kurang dari 5
dibulatkan ke nol. Jika satuannya lebih atau sama dengan 5 dibulatkan
ke 10.
5 3 50 + 0 = 50
kurang dari 5
dibulatkan menjadi 0
Berarti 53 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 50.
7 9 70 + 10 = 80
lebih dari 5
dibulatkan menjadi 10
Di kelas IV kamu sudah belajar membulatkan bilangan.
Pada pembulatan ke satuan terdekat.
Angka
persepuluhan (desimal) kurang dari 0,5 dibulatkan ke nol. Sedangkan
angka per- sepuluhan (desimal) lebih atau sama dengan 0,5 di-
bulatkan ke satu.
29, 4 29 + 0 = 29
kurang dari 5
dibulatkan menjadi 0
23, 7 23 + 1 = 24
lebih dari 5
dibulatkan menjadi 1
Angka 53 lebih dekat ke 50
daripada ke 60.
Berarti 53 dibulatkan menjadi
50.
Angka 79 lebih dekat ke 80
daripada ke 70.
Berarti 79 dibulatkan menjadi
80.
Berarti 79 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 80. Langkah kedua, jumlahkan hasil pembulatan dari kedua bilangan.
50 + 80 = 130
Jadi, taksiran ke puluhan terdekat dari 53 + 79 adalah
130.
Ditulis 53 + 79 = 130.
dibaca kira-kira, merupa- kan tanda yang menyatakan hasil perkiraan dari proses penghitungan.
b. Tentukan taksiran ke ratusan terdekat dari 599 – 222
Langkah pertama, bulatkan setiap bilangan ke ratusan terdekat.
Perhatikan
angka puluhannya. Jika puluhannya kurang dari 50 dibulatkan ke nol.
Jika puluhannya lebih dari 50 dibulatkan ke 100.
599
500 + 100 = 600
Angka 99 lebih dari 50 maka
99 dibulatkan menjadi 100.
dibulatkan menjadi
Angka 22 kurang dari 50 maka
22 dibulatkan menjadi 0.
222
200 + 0 = 200
dibulatkan menjadi
Langkah kedua, kurangkan hasil pembulatan dari kedua bilangan 600 – 200 = 400.
Jadi, taksiran ke ratusan terdekat dari 599 – 222
adalah 400.
Ditulis 599 – 222 = 400.
Menaksir Hasil Kali dan Hasil Bagi
Cara
menaksir hasil kali atau hasil bagi dua bilangan yaitu dengan
membulatkan kedua bilangan kemudian hasil pembulatan dari kedua bilangan
tersebut dikali atau dibagi.
Banyak kelompok yang ikut gerak jalan 18 tim. Setiap tim beranggotakan
21 anak.
Berapa kira-kira jumlah anak yang ikut gerak jalan?
Lambang taksiran yaitu ?. Misalnya 21 × 29 = 20 × 30
= 600
Dibaca dua puluh satu kali dua puluh sembilan kira-kira enam ratus.
10 Bilangan Bulat
Angka 8 lebih dari 5. Angka 8 dibulatkan ke 10.
Jadi, angka 18 dibulatkan ke
Banyak tim = 18
dibulatkan 20.
puluhan terdekat menjadi 20. Angka kurang dari 5.
Banyaknya anggota setiap tim = 21
dibulatkan 20.
Angka 1 dibulatkan ke 0.
Taksiran jumlah siswa = 20 × 20 = 400.
Jadi, jumlah anak yang ikut gerak jalan kira-kira ada 400.
Apabila hasil perkaliannya dibulatkan, diperoleh hasil berikut.
18 × 21 = 378 (hasil sebenarnya) Pembulatan ke puluhan terdekat:
378 = 370 + 10 = 380
dibulatkan menjadi
Jadi, angka 21 dibulatkan ke
puluhan terdekat menjadi 20.
Angka 8 lebih dari 5.
Angka 8 dibulatkan menjadi
10.
378 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 380. Jadi, 18 × 21 = 380.
Pembulatan ke ratusan terdekat:
378 = 300 + 100 = 400
dibulatkan menjadi
Angka 78 lebih dari 50. Angka 78 dibulatkan menjadi
100.
378 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 400. Jadi, 18 × 21 = 400.
Apabila
panitia menyediakan minuman sebanyak 576 botol untuk peserta
gerak jalan, kira-kira berapa botol minuman yang didapatkan setiap
tim?
Permasalahan di atas diselesaikan dengan menaksir. Begini penyelesaiannya.
Banyak minuman yang didapatkan setiap tim:
576 : 18
576 = 500 + 100 = 600
dibulatkan menjadi
576 : 18 = 600 : 20
= 30
18 = 10 + 10 = 20
dibulatkan menjadi
Diperoleh 600 : 20 = 30.
Jadi, banyak minuman yang didapatkan setiap tim kira- kira 30 botol.
Secara umum, cara menaksir hasil kali dan hasil bagi sebagai berikut.
1. Bulatkan bilangan-bilangan yang dioperasikan.
2. Kalikan atau bagilah bilangan-bilangan yang dibulatkan itu.
BY: http://apaitumacromediaflash8.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar